LPI dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Udaya

Sejak dibentuk setahun lalu, Lembaga Pengelola Investasi (LPI) atau Indonesia Investment Authority (INA) telah diperkenalkan sebagai Sovereign Wealth Fund (SWF) atau lembaga pengelola dana negara ala Indonesia. Demi meramaikan setahun pembentukannya, Emerging Indonesia Project/EIP menurunkan seri tulisan terfokus yang akan hadir secara berantai mulai hari ini. Seri tulisan ini merupakan hasil bursa gagasan dan riset internal para peneliti EIP. Selain untuk memperluas pemahaman terkait peluang dan tantangannya, melalui seri tulisan terfokus kali ini, Emerging Indonesia Project/EIP mencoba menggarisbawahi tautan maupun garis putus pembentukan Sovereign Wealth Fund (SWF) di Indonesia --dan juga banyak negara-- dengan upayanya untuk menjadi emerging country atau negara udaya. Nantikan terbitannya segera.

Keterangan Foto: Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) pada Rabu, 27 Januari 2021. Sumber Kementerian Sekretariat Negara.

Written by
EIP Research

EIP Research adalah program riset kebijakan terkait transformasi negara berkembang ke negara udaya dan peluang-tantangan Indonesia di dalamnya. Tujuannya mengembangkan kajian yang kontributif bagi kembangluas pemahaman dan respon tepat pengambil kebijakan terkait isu krusialnya. Dalam kaitannya, kami mengembangkan kajian-kebijakan (policy-research), risalah-kebijakan (policy-brief) dan seri-ulasan (article-series). Hasil kajiannya di antaranya terbit dalam seksi briefing dan seksi focus portal EmergingIndonesia.com

View all articles
Written by EIP Research

Kontak

Ikuti Kami

Dapatkan update berita, ulasan dan kegiatan kami dengan cara follow akun sosial media kami berikut ini.