Tentang EIP

Apa Itu EIP?

Emerging Indonesia Project/EIP adalah prakarsa non-governmental yang bekerja bagi penajaman pemahaman dan pengembangan kebijakan terkait peluang dan tantangan Indonesia dalam transformasi negara-berkembang (developing-country) ke negara-udaya (emerging-country).


Back to Index

Mengapa EIP?

Kita hidup dalam situasi pancaroba di mana banyak pergeseran-pergeseran besar tengah melanda dunia. Tidak hanya menorehkan fenomena kebangkitan Tiongkok sebagai kekuatan adidaya, ia juga mencatatkan transformasi sejumlah negara dari negara berkembang menjadi negara emerging pada umumya.

Indonesia adalah negara yang berada dalam situasi transformatif serupa. Meski tidak segemerlap kisah kebangkitan Tiongkok, Indonesia mencatatkan perkembangan yang meningkat secara agregat. Ini memunculkan banyak proyeksi positip tentang Indonesia. Ringkasan terkait perkembangan positip itu dapat dibaca di laman Buritan. Persoalannya, proyeksi positip itu masih menyisakan banyak catatan.

Pertama, lazimnya perkiraan pada umumnya, proyeksi positip atas Indonesia itu sejatinya belum menjadi peluang sesungguhnya. Sebaliknya, ia adalah peluang bersyarat yang harus diterima dengan tanda kutip dan dibubuhkan keterangan jika dan hanya jika.

Ini artinya, ada banyak pekerjaan rumah yang dipersyaratkan bagi keberlakuannya. Luas diketahui bahwa meski mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam dua dekade ini, Indonesia masih mencatatkan banyak pekerjaan rumah terkait revitalisasi visi kebangkitan, kembang-rentang perekonomian, unggah-daya sosial, akselerasi kapasitas dan strategi pasang secara kesuluruhan.

Kedua, lazimnya perkiraan, proyeksi positip atas Indonesia belum memperhitungkan sepenuhnya elemen kejutan, kemungkinan rupture atau keterputusan dinamika, serta situasi force-majeure yang mungkin ada.

Di antara kejutan, keterputusan dan situasi force-majeure tak terduga itu adalah pandemi global yang melanda dunia dewasa ini. Hanya berselang sepuluh hari dari pengakuan resmi negara adidaya atas situasi transformatif Indonesia, pemerintah Indonesia menginformasi serangan resmi Covid-19 atas warganya. Ini mengawali hari-hari panjang tanpa kepastian yang mengubah banyak asumsi dasar.

Akan tetapi, kami percaya bahwa Indonesia tidak sendiri kali ini. Bersamanya ada 212 lebih negara yang mengalami situasi serupa. Ini artinya, jeda situasi sulit yang di alami Indonesia pada dasarnya juga dialami banyak negara. Di sisi lain, situasi perlambatan sosial-ekonomi yang muncul karena pandemi pada dasarnya adalah perlambatan yang disengaja demi menghindarkan resiko kemanusiaan yang lebih besar.

Ibarat perlombaan balap motor, ada kemungkinan bahwa situasi saat ini adalah situasi pitstop, bukan situasi selip apalagi crash. Artinya, tiket perlombaan secara umum masih di tangan. Belum ada diskualifikasi teknis atasnya. Barang siapa kembali ke lintasan dengan lebih tangkas, lebih taktis dan lebih tangguh bakal menjadi pemenangnya.

Dalam kaitannya, perlu ada upaya-upaya sistematik dalam kaitannya. Emerging Indonesia Project/EIP adalah prakarsa kemasyarakatan yang mengetengah dalam  kaitan keduanya.

Maka selain bekerja bagi penajaman pemahaman dan kebijakan dalam menghadapi tantangan-tantangan dan memenuhi peluang-peluang bersyaratnya, ia juga secara khusus bekerja bagi penajaman upaya-upaya kontributif bagi kembalinya Indonesia yang lebih tangkas, lebih taktis dan lebih tangguh dalam lintasan prospektif transformasi negara-negara berkembang ke negara-negara udaya.


Back to Index

Apa Program dan Kegiatan EIP?

Ada tujuh program yang menjadi platform utama kegiatan Emerging Indonesia Project/EIP. Ketujuh program itu adalah EIP Research, EIP Lecture, EIP Interfellow, EIP Editorial, EIP Interview, EIP Forum dan EIP Partnership.

EIP Research adalah program riset-riset kebijakan terkait transformasi negara berkembang ke negara udaya dan peluang-tantangan Indonesia di dalamnya. EIP Lecture adalah seri kuliah umum dan kelas online terkait transformasi negara berkembang ke negara udaya berikut peluang-tantangan Indonesia dalam kaitannya. Tradisi perkuliahan ini telah berlangsung lama.

EIP Interfellow adalah program pemagangan (internship) dan perkolegaan (fellowship) dalam kajian-kajian transformasi negara berkembang ke negara udaya berikut peluang-tantangan Indonesia dalam kaitannya. EIP Articulate! adalah program publikasi, literasi, kurasi, dan advokasi gagasan atau pemikiran baik terkait tantangan dan peluang emerging Indonesia melalui penerbitan buku, konten social media dan portal EmergingIndonesia.com

EIP Update adalah seri ulasan, infografi, kurasi berita, wawancara dan lain-lain sharing informasi terkait perkembangan kondisi emerging Indonesia dalam hubungannya dengan tujuh tema prioritas utama. EIP Forum adalah seri seminar, konferensi, konsultasi dan diskusi ahli terkait tantangan dan peluang Indonesia dalam situasi transformatif yang melingkupinya.

EIP Partnership adalah program kemitraan Emerging Indonesia Project/EIP dengan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat pada umumnya. Informasi lebih lanjut terkait masing-masing dapat dibaca dalam laman Program.


Back to Index

Apa Fokus Perhatian EIP?

Ada tujuh tema yang perlu mendapat perhatian. Tujuh tema itu adalah ascending complexities, emerging structures, emancipative vision, economic scaling-up, social-upgrading, capacity boosting dan assimilative take-off.

Ascending Complexities adalah kompleksitas persoalan yang mengemuka dan melingkungi transformasi negara berkembang ke negara udaya. Emerging Structures adalah ‘struktur-struktur’ baru yang mengemuka dan menjadi kerangka stratejik transformasi negara berkembang ke negara udaya.

Emancipative Responses adalah respon-respon negara yang memilih untuk menjawab tantangan situasi transformatif yang ada dengan mengambil bagian dalam agenda kebangkitan serupa. Economic Scaling-Up adalah upaya kembang-rentang perekonomian yang dilakukan negara demi mengembangkan lebih jauh kapabilitas lompatnya.

Social Upgrading adalah upaya unggah-daya sosial yang memungkin suatu negara mengembangkan kualitas kehidupan sosial masyarakatnya dan menanggulangi ekses-ekses sosial yang muncul dalam transformasinya dari negara berkembang ke negara udaya.

Capacity Boosting adalah upaya akselerasi kapasitas yang memungkinkan suatu negara mengembangkan kapasitas lebih dalam menjaga keseimbangan, memastikan orkestrasi sumber daya dan mengembangkan tata-kelola stratejik yang efektif bagi pencapaian tujuan.

Assimilative Take-Off adalah strategi-pasang yang memungkinkan suatu negara terintegrasi secara asimilatif dalam konstelasi geopolitik, dinamika kawasan dan hubungan internasional yang melingkunginya. Informasi lebih lanjut terkait masing-masingnya dapat dibaca di laman Wacana.


Back to Index

Siapa di Belakang EIP?

Emerging Indonesia Project/EIP adalah prakarsa non-govermental. Ini artinya ia lahir dan digerakkan dari dan oleh prakarsa kemasyaratan. Di dalamnya terdapat sejumlah akademisi perguruan tinggi yang menaruh perhatian terhadap persoalannya.

Meski lahir dari perhatian besar kalangan akademisi, secara umum ia digawangi dan dimotori oleh personil yang menaruh perhatian besar pada arti penting korespondensi akademis-kebijakan.

Termasuk dalam korespondensi itu terutama adalah upaya-upaya umum dalam pemetaan persoalan, pengembangan cara pandang, perumusan kebijakan dan pengembangan artikulasinya secara stratejik. Informasi lebih lanjut mengenai informasi para personil kuncinya dapat dibaca di laman Para Punggawa.


Back to Index

Apa Itu EmergingIndonesia.com?

EmergingIndonesia.com adalah portal informasi dan sekaligus media publikasi utama Emerging Indonesia Project/EIP. Di dalamnya memuat berita serta ulasan terkait tema-tema yang menjadi pokok perhatian.

Berita dan ulasan itu dituliskan dalam berbagai format terbitan. Sumber tulisannya pun datang dari berbagai ragam. Mulai dari laporan staf, makalah peneliti terafiliasi, kolom redaksi dan catatan direktur hingga kontribusi lepas, wawancara ahli atau esai-esai populer dari spesialis terkemuka di bidang-bidang yang berkait erat dengannya.

Untuk menjangkau puspa-ragam pembaca, publikasinya dibagi dalam tujuh seksi terbitan. Tujuh seksi itu adalah EIP-Snapshot, EIP-Update, EIP-Insight, EIP-Focus, EIP-Briefing, EIP-Podcast dan EIP-Books. Informasi lebih lanjut terkait masing-masingnya dapat dibaca di laman Publikasi.


Back to Index

Kontak

Ikuti Kami

Dapatkan update berita, ulasan dan kegiatan kami dengan cara follow akun sosial media kami berikut ini.