Telah Terbit! Policy Brief Tim EIP untuk Think20/T20

Policy Brief atau Risalah Kebijakan yang disusun tim gabungan sepuluh peneliti Emerging Indonesia Project/EIP kini telah terbit dan bisa diunduh pembaca melalui laman resmi T20 Indonesia.

Risalah Kebijakan itu menjadi satu di antara 14 Policy Brief terpilih Gugus Kerja IX yang secara khusus menyoroti masalah kerjasama global untuk pembiayaan pembangunan.

Sebagaimana telah diberitakan, melalui seleksi cukup ketat yang melibatkan puluhan dan bahkan ratusan pesaing, tim gabungan sepuluh peneliti Emerging Indonesia Project/EIP pada pertengahan Februari lalu terpilih sebagai salah satu kontributor risalah kebijakan atau policy brief yang nantinya diterbitkan oleh The Think20 atau biasa disingkat T20.

The Think20/T20

The Think20 atau T20 sendiri adalah sebuah gugus kerja resmi G20 yang mempertemukan bersama pikiran-pikiran kontributif para ahli maupun lembaga-lembaga kajian kebijakan (think tanks) terkemuka negara-negara anggota.  

Melalui skema itu, T20 bertindak sebagai bank gagasan dalam menyediakan analisis persoalan berbasis temuan-temuan penelitian dan mengetengahkan rekomendasi-rekomendasi kebijakan yang diperlukan pemimpin-pemimpin G20 terkait isu-isu krusial yang menjadi perhatian.

Di bawah keketuaan Indonesia, T20 dibagi dalam sembilan gugus kerja di mana masing-masingnya memusatkan perhatian pada isu-isu berikut:

Pertama, perdagangan terbuka, industri dan investasi berkelanjutan. Kedua, pemberdayaan, keamanan siber dan konektivitas digital bermakna. Ketiga, pengelolaan target iklim, transisi energi dan perlindungan lingkungan. Keempat, keamanan pangan dan pertanian berkelanjutan. Kelima, masalah kesejahteraan, sumber daya manusia dan ketimpangan.

Keenam, COVID-19 dan keamanan kesehatan global. Ketujuh, pemulihan ekonomi dan finansial internasional. Kedelapan, pembiayaan dan ketahanan pembangunan infrastruktur. Kesembilan, kerjasama global bagi pembiayaan pembangunan berkelanjutan.

Tim EIP terpilih sebagai salah satu kontributor risalah kebijakan atau policy brief yang nantinya diterbitkan Gugus Tugas IX, yang memusatkan perhatian pada persoalan kerjasama global bagi pembiayaan pembangunan berkelanjutan.

Setelah melewati proses diskusi dan perumusan yang intensif, risalah kebijakan atau policy brief Tim EIP kini telah terbit dengan judul “Bridging the SDG’s Financial Gap: Creating an Effective Blended Financial Scheme for Philanthropy under the Framework of the G20.”

Empat Rekomendasi

Dalam risalah 16 halaman itu, Tim EIP secara khusus menyoroti persoalan ketimpangan finansial dalam pembiayaan pembangunan berkelanjutan dan mengeksplorasi skema pembiayaan campuran yang efektif sebagai salah satu solusi yang mungkin diketengahkan G20.

Lebih spesifik lagi, Tim EIP merekomendasikan empat langkah kepada para pemimpin G20 untuk keluar dari persoalan ketimpangan pembiayaan global.

Pertama, perlunya G20 mengadopsi dan mengkonsolidasi prinsip-prinsip pembiayaan keuangan campuran yang dikembangkan Komite Bantuan Pembangunan (Development Assistance Committee) Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (Organisation for Economic Cooperation and Development/OECD) serta Peta Jalan Tri Hita Karana untuk Pembiayaan Campuran (Tri Hita Karana Roadmap for Blended Finance).

Kedua, perlunya G20 mengembangkan kerangka kerja inklusif dan atraktif yang memiliki kemampuan menarik partisipasi lebih besar lembaga-lembaga filantropi local, nasional dan global.

Ketiga, perlunya G20 mempromosikan transparansi pembiayaan pembangunan serta memastikan keberadaan ekosistem pembiayaan yang lebih bersahabat bagi tumbuhkembang pembiayaan keuangan campuran (blended finance).

Keempat, perlunya keterlibatan lebih erat the Foundation20/F20 selaku jejaring filantropi besar dunia yang diprakarsai G20 dalam pengembangan peran-peran kunci bagi implementasi sistem pembiayaan campuran yang sehat dan transparan serta pelibatan filantropi-filantropi local dan nasional yang lebih  konstruktif.

Untuk rincian lebih lengkapnya, silakan unduh policy brief dimaksud melalui klik tautan berikut: https://www.t20indonesia.org/tf9/

[*]
Written by
EIP Articulate

EIP Articulate adalah program publikasi, literasi, kurasi, dan advokasi gagasan terkait hakekat, tantangan dan peluang emerging Indonesia berikut respon-respon stratejiknya. Pengembangan EIP Publisher dan EmergingIndonesia.com adalah rumah bagi upaya artikulasi itu. Selain mengembangkan resensi buku dan penerbitan buku terkait, menyampaikan pandangan di konferensi terkait; kami juga menerbitkan artikel, jurnal, monograf maupun position paper dalam kaitannya. Penerbitan resensi buku dan artikel lepas secara terutama dilakukan melalui seksi books dan insight dalam EmergingIndonesia.com; sedangkan penerbitan buku dan media artikulasi lainnya dilakukan melalui pengembangan EIP Publisher.

View all articles
Written by EIP Articulate

Kontak

Ikuti Kami

Dapatkan update berita, ulasan dan kegiatan kami dengan cara follow akun sosial media kami berikut ini.