EIP dan BSKLN-KEMLU Sepakati Kerjasama Penelitian terkait Keketuaan Indonesia dalam MIKTA 2023

Hari Jumat, 18 Februari 2022, Yayasan Pengembangan Strategi Indonesia (YAPENSTRA) sebagai badan hukum yang menaungi Emerging Indonesia Project (EIP) menandatangani kontrak kerjasama penelitian dengan Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri (BSKLN) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (KEMLU-RI).

Bertindak sebagai penandatangan adalah Sdr. Joko Susanto selaku Direktur Eksekutif Emerging Indonesia Project (EIP) sekaligus Ketua Pengurus Yayasan Pengembangan Strategi Indonesia (YAPENSTRA); dan Ibu Rahmawati, selaku Pejabat Pembuat Komitmen, yang bertindak untuk dan atas nama Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri (BSKLN) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (KEMENLU-RI).

Kerjasama penelitian itu sendiri meliputi kajian atas empat hal. Pertama, fokus dan agenda prioritas yang dapat direkomendasikan oleh Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinannya dalam mengarahkan dan menentukan isu-isu utama dalam agenda prioritas MIKTA. Kedua, strategi menerjemahkan prioritas Keketuaan Indonesia di MIKTA untuk menghasilkan capaian konkret, berkelanjutan, dan bermanfaat baik untuk anggota MIKTA maupun di luar anggota MIKTA.

Ketiga, kepemimpinan MIKTA yang dikoordinatori oleh Meksiko (2019), Korea Selatan (2020), Australia (2021), dan Turki (2022) dapat menjadi tolak ukur bagi Indonesia dalam memberikan rekomendasi sebagai legacy dan tindak lanjut kepemimpinan Indonesia. Keempat, analisis terkait forum MIKTA yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan peluang dan kerja sama bilateral antar negara anggota MIKTA di bidang ekonomi dan perdagangan, pendidikan dan sosial budaya, serta policy planning pada masa Keketuaan Indonesia.

Sebagai luaran penelitian disepakati sebuah kertas kerja yang menjelaskan potensi agenda prioritas pada masa Keketuaan Indonesia di MIKTA tahun 2023. Selain itu, kertas kerja juga harus menghasilkan rekomendasi kebijakan taktis dan strategis yang dapat ditempuh oleh Pemerintah RI untuk memperkuat MIKTA sebagai kelompok “responsible middle powers” yang berada dalam posisi tepat untuk menghidupkan kembali kerja sama multilateralisme. Penelitian itu sendiri direncanakan berlangsung 7 (tujuh) bulan dimulai sejak penandatanganan.

Dijumpai secara terpisah, Direktur Eksekutif Emerging Indonesia Project (EIP) sekaligus Ketua Pengurus Yayasan Pengembangan Strategi Indonesia (YAPENSTRA), Joko Susanto, mengungkapkan terima kasih dan antusiasmenya atas kepercayaan yang diberikan Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri (BSKLN) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (KEMENLU-RI).

“Diplomasi Indonesia dalam MIKTA adalah bagian dari isu-isu yang menjadi tema perhatian Emerging Indonesia Project/EIP. Di antara tujuh tema yang menjadi fokus perhatian EIP, terdapat kajian terkait “assimilative take-off”; yakni strategi-strategi diplomasi yang memungkinkan suatu negara udaya terintegrasi elegan dalam konstelasi geopolitik, dinamika kawasan dan hubungan internasional yang melingkunginya. Karena itu, kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan dan menyambut antusias kerjasama penelitian yang telah disepakati. Kami optimis dan bertekad kuat untuk memenuhi luaran yang diharapkan. Menjadi bagian dari upaya besar untuk merumuskan potensi, agenda dan prioritas Indonesia dalam keketuaan MIKTA 2023 adalah sebuah kehormatan dan amanah besar yang akan kami jaga dan laksanakan sebaik-baiknya.” [EIP/MARS]

Image: Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Republik Indonesia (Foto Sekkab)

Written by
EIP Partnership

EIP Partnership adalah program kemitraan Emerging Indonesia Project/EIP dengan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat pada umumnya. Penajaman pemahaman masyarakat dan pengambil kebijakan terkait tantangan dan peluang situasi transformasi Indonesia pada akhirnya adalah tugas besar yang membutuhkan dukungan banyak pihak. Karenanya, kerjasama konstruktif yang terbuka dan penuh martabat perlu tumbuh dan berkembang di dalamnya.

View all articles
Written by EIP Partnership

Kontak

Ikuti Kami

Dapatkan update berita, ulasan dan kegiatan kami dengan cara follow akun sosial media kami berikut ini.