Publikasi-old

EmergingIndonesia.com adalah portal informasi dan sekaligus media publikasi utama Emerging Indonesia Project/EIP. Di dalamnya memuat berita serta ulasan terkait tema-tema yang menjadi pokok perhatian. Berita dan ulasan itu dituliskan dalam berbagai format terbitan. Sumber tulisannya pun datang dari berbagai ragam. Mulai dari laporan staf, makalah peneliti terafiliasi, kolom redaksi dan catatan direktur hingga kontribusi lepas, wawancara ahli atau esai-esai populer dari spesialis terkemuka di bidang-bidang yang berkait erat dengannya. Untuk menjangkau puspa-ragam pembaca, publikasinya dibagi dalam tujuh seksi terbitan. Tujuh seksi itu adalah EIP-Snapshot, EIP-Update, EIP-Insight, EIP-Briefing, EIP-Review, EIP-Report dan EIP-Books.

EmergingIndonesia.com dan Tujuh Seksi Terbitannya

EIP-Snapshot adalah seksi publikasi Emerging Indonesia Project/EIP yang memuat infographics, video-footage dan caption pendek terkait tema-tema perhatian. Kondisi emerging acapkali adalah situasi yang tidak serta-merta disadari. Kontekstualisasi populernya dalam visual yang kekinian dan catchy berpeluang meningkatkan perhatian luas akan situasi obyektifnya hari ini. Seksi snapshot mendorong, mengembangkan dan menyediakan ruang bagi pengembangan pendekatan ini. Selain memastikan visualiasinya yang menarik, perumusan captionnya secara kuat dalam sebanyaknya 250 kata sangat disarankan. Pendekatannya yang kekinian dan catchy diharapkan prospektif bagi pengembangan kesadaran umum dewasa ini.

EIP-Update adalah seksi publikasi Emerging Indonesia Project/EIP yang memuat berita atau informasi terkini terkait tema-tema perhatian. Kondisi emerging adalah situasi dinamis yang bertaut erat dengan perkembangan kontemporer. Seksi update mendorong, mengembangkan dan menyediakan ruang bagi pemutakhiran informasinya. Selain memastikan kemutakhiran, penyajiannya dalam spotnews ringkas 250-750 kata sangat disarankan. Melalui kehadiran update perkembangan berkelanjutan ini, perhatian khalayak terhadap dinamika situasi emerging diharapkan tumbuh dan berkembang luas di kemudian hari.

EIP-Insight adalah seksi publikasi Emerging Indonesia Project/EIP yang memuat uraian, ulasan dan pelajaran terkait hal-hal pokok di seputar tema-tema perhatian. Kondisi emerging dalam banyak hal adalah situasi baru yang belum banyak dipahami. Uraian, ulasan dan pelajaran terkait situasinya perlu difasilitasi. Seksi insight mendorong, mengembangkan dan menyediakan ruang bagi publikasi terkait ini. Selain memastikannya mudah dipahami, penyampaiannya secara naratif dalam kolom 750-1250 kata sangat disarankan. Meski menyasar pemahaman stakeholder kunci, publikasi insight diharapkan juga menarik minat pembaca umum maupun peminat pemula.

EIP-Briefing adalah seksi publikasi Emerging Indonesia Project/EIP yang memuat analisis masalah, elaborasi opsi dan rekomendasi kebijakan terkait tema-tema perhatian. Kondisi emerging adalah situasi penuh tantangan yang membutuhkan kesadaran stratejik dan respon tepat kebijakan. Seksi briefing mendorong, mengembangkan dan menyediakan ruang bagi publikasi risalah kebijakan terkait ini. Selain memastikan kemudahan pemahaman atas preskripsinya, penyajiannya secara efisien dalam 1250-2000 kata sangat disarankan. Kendati menyasar pengambil kebijakan dan stakeholder kunci, publikasi briefing diharapkan juga menarik minat pembaca umum maupun peminat pemula.

EIP-In-Depth adalah seksi publikasi Emerging Indonesia Project/EIP yang memuat laporan mendalam terkait tema-tema perhatian. Kondisi emerging adalah situasi kompleks yang membutuhkan kedalaman pemahaman. Seksi in-depth, mendorong dan mengembangkan penelusuran mendalam atas situasinya. Dalam kaitannya, kehadiran in-depth report yang dokumentatif dan evaluatif lebih jauh perlu diwadahi. Selain memastikan penelusuran mendalam atas soalan, penyajiannya secara compact dalam uraian renyah 2000-3500 kata sangat disarankan. Kendati menyasar perhatian pembaca ahli atau pemerhati khusus, laporan dalam seksi in-depth diharapkan juga dapat diikuti pembaca umum maupun peminat pemula.

EIP-Review adalah seksi publikasi Emerging Indonesia Project/EIP yang memuat analisis, kertas-kerja dan esai-esai argumentatif terkait tema-tema perhatian. Kondisi emerging dalam beberapa kasus berhubungan dengan proyeksi-proyeksi hipotetik yang membutuhkan tinjauan dan pengujian memadai. Seksi review mendorong, mengembangkan dan menyediakan ruang bagi telaah dan pengujian argumentatif atas problematikanya. Masalahnya, working paper atau esai argumentatif umumnya beroperasi dalam rentang tulisan panjang, yang bervariasi dalam kisaran 3500-10000 kata. Untuk membuatnya renyah baca, penyajiannya secara populer dan berseri perlu diperhitungkan. Kendati menyasar pemerhati dan pembaca ahli, terbitan dalam seksi review diharapkan dapat diikuti pembaca umum dan peminat pemula.

EIP-Books adalah seksi publikasi Emerging Indonesia Project/EIP yang secara khusus mendorong, mengembangkan dan menyediakan ruang bagi penerbitan buku dan literatur bermutu. Kondisi emerging adalah situasi transformatif yang membutuhkan pemahaman utuh dan sistematik. Dengan keluasan ruangnya, buku memungkinkan elaborasi persoalan secara utuh dan sistematik. Meski memiliki ketebalan bervariasi, sebuah buku umumnya memiliki panjang tulisan sedikitnya 10000 kata. Ini memberinya keleluasaan ruang elaborasi. Selain berpeluang menghadirkan karya-karya elaboratif secara sistematik dan utuh, penerbitan buku diharapkan juga menarik perhatian besar kaum cendikia dalam penajaman kesadaran/kebijakan terkait kondisi emerging yang dihadapi Indonesia pada umumnya.

Kontak

Ikuti Kami

Dapatkan update berita, ulasan dan kegiatan kami dengan cara follow akun sosial media kami berikut ini.