Program-old

Emerging Indonesia Project/EIP adalah prakarsa non-governmental yang bekerja bagi penajaman pemahaman dan pengembangan kebijakan terkait peluang dan tantangan transformasi Indonesia dari negara-berkembang (developing-country) ke negara-udaya (emerging-country). Kondisi emerging dalam beberapa hal adalah situasi yang memuat ketidakpastian. Perlu ada upaya-upaya sistematik untuk memastikan keterlibatan konstruktif lebih banyak pihak dalam klarifikasinya. Tujuh program berikut diharapkan menjadi bagian upaya-upaya sistematiknya. Tujuh program itu adalah EIP Publish, EIP Research, EIP Lecture, EIP Interfellow, EIP Forum, EIP Partnership, dan Indonesia Udaya.

EIP Research adalah program Emerging Indonesia Project/EIP yang berkonsentrasi pada pengembangan riset-riset kebijakan terkait tujuh tema perhatian utama. Tujuh tema itu adalah ascending complexities atau kompleksitas pasang, emerging structures atau pranata-pranata udaya, emancipative responses atau respon-respons kebangkitan, economic scaling-up atau kembang-rentang perekonomian, social-upgrading atau unggah-daya sosial, capacity boosting atau akselerasi kapasitas dan assimilative take-off atau strategi-pasang-asimilatif.

EIP Lecture adalah seri kuliah umum dan kelas online terkait transformasi negara berkembang ke negara udaya. Tradisi perkuliahan ini telah berlangsung lama. Sejak tahun 2012, sebelum meluncurkan project ini, pemrakarsanya lebih dulu menginisiasi Kelas Geopolitik Kekuatan Ekonomi Baru/GKEB atau Geopolitics of Emerging Economies. Kelas ini ditawarkan sebagai mata kuliah pilihan untuk mahasiswa tingkat akhir Departemen Hubungan Internasional, Universitas Airlangga. Dalam tradisi Studi Hubungan Internasional Indonesia, inisiatif ini merupakan yang pertama. Sampai saat ini, kelas ini rutin dibuka tiap tahunnya. Melalui prakarsa ini, program pembelajaran itu diperluas sehingga meliputi juga pengembangan seri kuliah umum dan kelas online demi lebih mudah diakses khalayak luas.

EIP Interfellow adalah program pemagangan (internship) dan perkolegaan (fellowship) dalam kajian-kajian transformasi negara berkembang ke negara udaya. Program pemagangan diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana atau peneliti pemula, sedangkan program perkolegaan diperuntukkan bagi para sarjana, mahasiswa pascasarjana atau peneliti madya. Selain diharapkan aktif terlibat dalam penyelenggaraan tujuh program utama, peserta program diharapkan menghasilkan publikasi yang memenuhi standar kualifikasi emergingindonesia.com. Tidak hanya mengembangkan kemampuan dan pengalaman mereka, melalui program ini produktivitas peserta program diharapkan meningkat adanya.

EIP Editorial adalah program Emerging Indonesia Project/EIP yang berfokus pada pengembangan publikasi dan diseminasi berita, ulasan dan karya-karya terkait tujuh tema perhatian utama. Publikasi itu dilakukan secara elektronik maupun cetak. EmergingIndonesia.com adalah portal informasi dan media publikasi utama. Di dalamnya memuat berita serta ulasan terkait tema-tema yang menjadi pokok perhatian. Berita dan ulasan itu dituliskan dalam berbagai format terbitan. Untuk menjangkau puspa-ragam segmentasi pembaca, publikasinya dibagi dalam tujuh seksi terbitan. Tujuh seksi itu adalah EIP-Snapshot, EIP-Update, EIP-Insight, EIP-Briefing, EIP-Review, EIP-Report dan EIP-Books.

Image: Sowing a Seed by Shutterstock

Kontak

Ikuti Kami

Dapatkan update berita, ulasan dan kegiatan kami dengan cara follow akun sosial media kami berikut ini.