Program-newer

Emerging Indonesia Project/EIP adalah prakarsa non-governmental yang bekerja bagi penajaman pemahaman dan pengembangan kebijakan terkait peluang dan tantangan transformasi Indonesia dari negara-berkembang (developing-country) ke negara-udaya (emerging-country). Kondisi emerging dalam beberapa hal adalah situasi yang memuat ketidakpastian. Dalam kaitannya, perlu upaya sistematik untuk memastikan pemahaman atas situasi dan keterlibatan pihak-pihak dalam respon situasi. Tujuh program berikut adalah bagian dari upaya-upaya sistematik yang dimaksud. Tujuh program itu adalah EIP Research, EIP Lecture, EIP Interfellow, EIP Editorial, EIP Interview, EIP Forum dan EIP Partnership.

EIP Research adalah program riset-riset kebijakan terkait transformasi negara berkembang ke negara udaya dan peluang-tantangan Indonesia di dalamnya. Kondisi emerging adalah situasi kompleks yang membutuhkan pemahaman stratejik yang terstruktur baik. Pengembangan riset-riset kebijakan yang terselenggara sistematik dan terstruktur baik tentu krusial bagi tumbuh kembang pemahaman stratejik itu.

Melalui EIP Research kami mendorong dan mengembangkan riset-riset sistematik yang konstruktif bagi pemahaman stratejik. Dalam kaitannya, selain mengembangkan kajian terhadap tema-tema prioritas yang ada, secara insidental dan berkala kami mengembangkan risalah kebijakan (policy-brief) dan ulasan khusus (special-report) terkait isu-isu krusialnya. Hasil-hasil kajian riset-riset itu nantinya dapat dinikmati khalayak luas melalui ulasan seksi briefing dan seksi focus EmergingIndonesia.com

EIP Lecture adalah seri kuliah umum dan kelas online terkait transformasi negara berkembang ke negara udaya dan peluang-tantangan Indonesia di dalamnya. Tradisi perkuliahan ini telah berlangsung lama. Sejak 2013, sebelum meluncurkan project ini, kami lebih dulu menginisiasi Kelas Geopolitik Kekuatan Ekonomi Baru/GKEB atau Geopolitics of Emerging Economies. Kelas ini ditawarkan sebagai mata kuliah pilihan untuk mahasiswa tingkat akhir Departemen Hubungan Internasional, Universitas Airlangga. Dalam tradisi Studi Hubungan Internasional Indonesia, inisiatif ini merupakan yang pertama.

Melalui EIP Lecture ini, program pembelajaran itu dikembangkan menjadi seri kuliah umum dan kelas online yang dapat diakses khalayak luas. Selain itu, pembelajarannya yang semula kuat secara teori diharapkan juga kuat dalam kontekstualisasi praktis. Maka selain mengembangkan pembelajaran sistematik terkait transformasi negara berkembang ke negara udaya pada umumnya, kelas-kelasnya diharapkan juga lebih mendalami lebih lanjut peluang dan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam kaitannya.

EIP Interfellow adalah program magang (internship) dan perkolegaan (fellowship) dalam kajian-kajian transformasi negara berkembang ke negara udaya. Kondisi emerging adalah situasi penuh tantangan yang menuntut pembelajaran organik. Program Interfellow menyediakan ruang bagi pembelajaran organik peneliti-peneliti muda terkait problematikanya. Jika program magang diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana, sarjana muda dan peneliti pemula, program perkolegaan terbuka bagi mahasiswa pascasarjana dan peneliti madya.

Maka selain diharapkan terlibat aktif dalam penyelenggaraan tujuh program utama, peserta program interfellow nantinya juga diharapkan menghasilkan publikasi yang memenuhi standar kualifikasi minimal emergingindonesia.com. Tidak hanya mengembangkan kemampuan dan pengalaman mereka, melalui program magang (internship) dan perkolegaan (fellowship) ini produktivitas publikatif peserta program diharapkan meningkat adanya.

EIP Editorial adalah program literasi, kurasi, dan publikasi karya-karya terkait tantangan dan peluang kondisi emerging Indonesia. Kondisi emerging dalam beberapa hal adalah situasi awam yang membutuhkan pemahaman luas. Persoalannya, di tengah kompleksitas informasi yang ada, mengembangkan pemahaman luas atasnya bukan hal mudah. Perlu upaya-upaya sistematik yang bekerja bagi kembang-luas pemahamannya.

Melalui EIP Editorial upaya-upaya sistematik itu diwujudkan melalui pengembangan ruang literasi, kurasi dan publikasi karya-karya terkait. EmergingIndonesia.com adalah rumah bagi upaya literasi, kurasi dan publikasi itu. Maka selain mengembangkan publikasi berita dan ulasan karya-karya terkaitnya, lebih jauh kami juga memilah, menyunting dan mengembangkan tinjauan atas karya-karya yang ada. Untuk menjangkau puspa-ragam pembaca, publikasinya dibagi dalam tujuh seksi terbitan. Tujuh seksi itu adalah EIP-Snapshot, EIP-Update, EIP-Insight, EIP-Briefing, EIP-Review, EIP-Report dan EIP-Books.

EIP Interview adalah seri wawancara ahli, tokoh, dan pemangku kepentingan terkait tantangan dan peluang kondisi emerging Indonesia. Kondisi emerging adalah situasi yang memuat banyak dimensi. Mendapatkan gambaran situasinya langsung dari pandangan ahli, tokoh atau pemangku kepentingan terkait tentu memperkaya pemahaman otentik tentang apa yang sesungguhnya terjadi.

Melalui EIP Interview kami mendorong, mengembangkan dan memberi ruang bagi eksplorasi dan dokumentasi kekayaan pandangan dan harapan ahli, tokoh dan pemangku kepentingan terkait. Program wawancaranya dapat dilakukan secara luring maupun daring. Khusus untuk wawancara daring dilakukan melalui Aula Indonesia Udaya. Atas seijin narasumber dan pihak-pihak terkait, bagian terpilih dari rekaman dan transkrip wawancara itu nantinya dipublikasikan dalam seksi podcast EmergingIndonesia.com.

EIP Forum adalah seri seminar, konsultasi dan diskusi ahli terkait tantangan dan peluang kondisi emerging Indonesia. Kondisi emerging adalah situasi yang menyangkut nasib banyak pihak. Karenanya, perlu skema pelibatan stakeholder pokoknya dalam perbincangan konstruktif dan terbuka. Seminar, konsultasi dan diskusi ahli adalah di antara skema pelibatan yang mungkin dikembangkan dalam kaitannya.

Melalui EIP Forum kami mendorong, mengembangkan dan memfasilitasi perbincangan itu. Secara periodik maupun insidental, kami membuka forum-forum seminar, konsultasi dan diskusi ahli. Beberapa dari kegiatan itu dilakukan secara luring, beberapa lainnya dilakukan secara daring. Kami mengembangkan pendapa digital yang kami beri nama Aula Indonesia Udaya. Melalui fasilitas zoom, masyarakat dapat mengakses proses-proses diskusi di sana. Atas seijin narasumber, bagian terpilih dari rekaman dan transkrip diskusi nantinya dipublikasikan dalam seksi podcast EmergingIndonesia.com.

EIP Partnership adalah program kemitraan Emerging Indonesia Project/EIP dengan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat pada umumnya. Kami percaya bahwa penajaman pemahaman masyarakat dan pengambil kebijakan terkait tantangan dan peluang situasi transformasi Indonesia pada akhirnya adalah tugas besar yang membutuhkan dukungan banyak pihak. Karenanya, kerjasama konstruktif yang terbuka dan penuh martabat perlu tumbuh dan berkembang di dalamnya.

Melalui EIP Partnership kami membuka ruang bagi kerjasama-kerjasama konstruktif bagi pengembangan riset-riset kebijakan dan artikulasi stratejik pada umumnya. Melalui kerjasama konstruktif itu kami berharap upaya-upaya pemetaan persoalan, pengembangan opsi-opsi serta artikulasi stratejik terkait tantangan dan peluang transformasi Indonesia ke depan dapat berkembang lebih baik lagi nantinya.


Kontak

Ikuti Kami

Dapatkan update berita, ulasan dan kegiatan kami dengan cara follow akun sosial media kami berikut ini.