Negara Pendapatan Menengah dan Perangkapnya

Setelah sempat naik menjadi negara dengan pendapatan menengah ke atas  atau upper-middle income setahun lalu, memasuki bulan ini posisi Indonesia dalam daftar kelompok pendapatan negara-negara turun kembali ke posisi negara dengan pendapatan menengah ke bawah atau lower-middle income. Dalam publikasi tahunan yang terbit tiap tanggal 1 juli, Bank Dunia membagi negara-negara menjadi empat kelompok pendapatan, yaitu tinggi, menengah atas, menengah bawah dan bawah.

Negara pendapatan menengah bawah adalah negara yang menurut perhitungan data Atlas Bank Dunia memiliki pendapatan per kapita tahun 2020 antara 1.046 dollar AS dan 4.095 dollar AS; sementara negara pendapatan menengah atas adalah negara dengan pendapatan per kapita antara 4,096 dollar AS dan 12.695 dollar AS. 

Tahun 2019, pendapatan per kapita Indonesia mencapai 4.050 dollar AS, menjadikannya naik kelas menjadi negara pendapatan menengah atas dalam daftar yang dirilis World Bank 1 Juli 2020. Akan tetapi, di tahun 2020, pendapatan per kapita Indonesia turun menjadi 3.870 dollar AS. Ini menjadikan posisi Indonesia dalam daftar kelompok pendapatan negara-negara turun, kembali menjadi negara pendapatan menengah bawah seperti sebelumnya.

Meski penurunan ini tidak di alami Indonesia saja dan merupakan dampak dari Pandemi COVID-19, ia tetap saja mendapatkan sorotan luas di Indonesia. Diskusi terkait Perangkap Pendapatan Menengah atau Middle Income Trap/MIT kembali mengemuka. Untuk membantu masyarakat luas memahami konsepsi Perangkap Pendapatan Menengah atau Middle Income Trap/MIT yang dimaksud, EIP melakukan kajian kebijakan ringkas (compact policy-research) dan mempublikasikannya dalam seri artikel di seksi fokus EmergingIndonesia.com mulai besok.

Image: Lalu Lintas. Foto dokumentasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Silakan periksi: Https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/bank-dunia-ri-sangat-mungkin-lolos-dari-middle-income-trap/

Written by
EIP Research

EIP Research adalah program riset kebijakan terkait transformasi negara berkembang ke negara udaya dan peluang-tantangan Indonesia di dalamnya. Tujuannya mengembangkan kajian yang kontributif bagi kembangluas pemahaman dan respon tepat pengambil kebijakan terkait isu krusialnya. Dalam kaitannya, kami mengembangkan kajian-kebijakan (policy-research), risalah-kebijakan (policy-brief) dan seri-ulasan (article-series). Hasil kajiannya di antaranya terbit dalam seksi briefing dan seksi focus portal EmergingIndonesia.com

View all articles
Written by EIP Research

Kontak

Ikuti Kami

Dapatkan update berita, ulasan dan kegiatan kami dengan cara follow akun sosial media kami berikut ini.